Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HAL PERTAMA YANG HARUS DIPELAJARI SAAT BARU BELAJAR GITAR

HAL PERTAMA YANG HARUS DIPELAJARI SAAT BARU BELAJAR GITAR


Hal Pertama yang Harus Dipelajari Pemula Saat Belajar Gitar
 - Belajar gitar buat pemula bisa dibilang gampang-gampang susah. Bahkan banyak yang berhenti di tengah jalan karena merasa kesulitan dalam proses belajarnya, jari yang sakit, tangan pegal dan seribu satu alasan lainnya yang bikin kamu gagal dan menyerah dalam belajar gitar. 

Untuk meminimalisirnya, kali ini saya akan membagikan bagaimana metode atau cara yang paling mudah belajar gitar bagi pemula.  Berikut ini step-by-step-nya

Langkah Paling Awal, Metode Belajar Gitar Mencari Posisi yang Paling Nyaman

Dalam belajar gitar bagi pemula yang mesti diperhatikan pertama kali adalah posisi saat bermain gitar, seperti apa yang baik dan benar agar saat kita berlatih bermain gitar merasa nyaman. Dengan posisi yang benar kita akan lebih mudah menguasai materi dasar belajar gitar.

Baca Juga: Cara Mudah Belajar Petikan Gitar  

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut. 

  1. Duduk dengan rileks, tegakkan badan dan posisi bahu tegap santai. Jangan kaku, nggak usah tegang. 
  2. Peluklah bodi gitar ke badan, nggak usah tegang rileks saja bagai kamu memeluk sang puhaan hati dengan penuh kasih sayang. Setelahnya kamu bisa menggunakan tangan kirimu untuk memegang neck gitar. Pastikan pergelangan tangan membentuk V dengan ibu jari di sisi belakang neck dan keempat jari lainnya berada di depan, di atas fretboard gitar. 
  3. Topang bodi gitar dengan kaki kanan untuk menghilangkan ketegangan di tangan. Pastikan tumpuan gitar ada di kaki kanan untuk menahan beban gitarnya. Selanjutnya kamu bisa mencoba memetik ataupun menggenjreng senar gitar secara loss saja tanpa perlu menekan senar terlebih dahulu. 
  4. Lakukan latihan simpel ini selama lima sampai sepuluh menit di setiap awal sesi latihanmu. Rasakan keseimbangan antara badan dan tangan. Jika belum terbiasa atau posisi memegang gitarmu masih salah, bisa jadi tangan atau bahumu meski baru sebentar memegang gitar sudah terasa pegal-pegal. 

Langkah selanjutnya, Cara Bermain Gitar: Teknik Menyetem Gitar

Tahapan berikutnya cara mudah belajar giar bagi pemula yaitu menyetam senar gitar. 

Sebelum bermain gitar, kamu harus memastikan senar gitar sudah distem dengan benar sesuai standar agar bunyinya tidak sumbang alias fals. Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu praktekkan unuk mulai belajar menyetem gitar seperti di bawah ini. 

1. Mengetahui urutan senar dan nada steman standarnya. Nomer urutan senar dimulai dari senar bagian bawah yang tipis itu. Senar 1-2-3-4-5-6, artinya urutannya dari senar paling bawah. Senar satu artinya senar paling bawah (senar yang paling tipis/senar melodi) dan senar nomer enam artinya senar paling atas (senar yang paling tebal/senar bass).

Untuk senar yang lainnya tinggal kamu urutkan saja ya sesuai urutan di atas. Sedangkan untuk susunan nada standar stemannya sendiri  yaitu, senar 1 bernada e (tinggi), senar 2 bernada B, senar 3 bernada G, senar 4 bernada D, senar 5 bernada A, dan terakhir senar 6 bernada E (rendah).

2. Pahami kegunaan dryer atau tuning peg. Putar dryer ke kanan untuk megencangkan senar dan putar dryer ke kiri untuk mengendurkan senar. Catatan: untuk setelannya bisa disesuaikan saat pemasangan senar (memasukkan senarnya ke lubang pin dryer). Tapi pada umumnya yang benar adalah putar searah jarum jam untuk mengencangkan, dan sebaliknya untuk mengendurkan. 

3. Untuk cara meyetemnya sendiri agar nadanya benar sesuai standar tidak fals, ada tiga metode utama dalam menyetem gitar. Yang pertama cara manual, yang kedua menggunakan aplikasi, dan yang ketiga menggunakan tuner gitar digital. Nah, untuk ketiga cara menyetem gitar tersebut bisa kamu pelajari selengkapnya di sini  

Posting Komentar untuk "HAL PERTAMA YANG HARUS DIPELAJARI SAAT BARU BELAJAR GITAR"